musik

Rabu, 10 April 2019

CONTOH FEATURE BERITA

BALADA UTS TERAKHIR

BiteBrands


         Sudah dua hari mahasiswa jurusan komunikasi dan penyiaran islam IAI Bungan Bangsa Cirebon mengikuti pelaksanaan ujian tengah semester (UTS). Ujian yang merupakan salah satu kegiatan evaluasi hasil belajar mahasiswa ini mulai dilaksanakan pada awal bulan Maret (04/03/19).           Meskipun pelaksanaan UTS ini mirip dengan pembelajaran mata kuliah seperti biasanya, namun tetap saja bagi sebagian jantung mahasiswa berdetak lebih kencang ketika mendengar istilah ‘ujian’.“berseragam hitam putih rapih dengan menggunakan jas almamater, belajar semalaman, tidak boleh datang terlambat, tidak boleh tengok kanan-kiri hanya untuk sekedar bertanya pada teman apakah dia mengerti atau tidak pada soalnya, semua terasa lumayan canggung ketika istilah ujian itu tengah dilaksanakan” kata Sarah, salah satu mahasiswa komunikasi penyiaran islam semester empat.
        Di hari ketiga atau hari terakhir pelaksanaan UTS ini mahasiswa KPI (untuk sebutan Komunikasi Penyiaran Islam) semester empat tampaknya lebih bersemangat ketimbang dihari-hari sebelumnya. Semua masih tetap berpakaian rapih dengan almamater tercintanya. Bersamaan dengan itu dosen pertama yang mengawas hari ketiga pun mengenakan setelan pakaian yang warnanya senada. Ujian mata kuliah pertama dimulai, tidak ada yang boleh berbicara selain pengawas, tidak ada yang boleh mencontek karna di lembar soal tertulis “JAWABAN TIDAK BOLEH SAMA DENGAN TEMAN” dengan gaya tulisan menggunakan kapital dan boldnya. Semua terdiam dan mulai mengerjakan soalnya masing-masing hingga selesai. Setelah semua selesai, dosen pengawas meminta mahasiswa KPI senester empat untuk berfoto bersama. Setelah itu dilanjut dengan ujian mata kuliah berikutnya.
      “kerjakan sebisa kalian, sepahamnya kalian dengan soal tersebut” kata Nurul Hidayah selaku dosen mata kuliah jurnalistik cetak ketika salah satu mahasiswa bertanya pada Rabu (06/03/19). Semua terdiam mematuhi aturan dan mulai menyelesaikan tugasnya.
Berbeda dengan ujian-ujian di mata kuliah lainnya, Maman Abdurahman selaku dosen mata kuliah jurnalistik online justru tidak memberikan soal-soal yang harus dikerjakan mahasiswanya di hari itu, melainkan tetap menjalankan tugas perkuliahan seperti biasanya yakni dengan metode presentasi.
“di ujian mata kuliah saya mah gak usah pake soal-soal, terlalu apa gitu lah, saya memilih menilai kalian dari cara kalian presentasi dan membuat makalah aja” kurang lebih seperti itu katanya. Menurutnya, ini penting untuk penilaian disaat membuat skripsi nanti yang berhubungan dengan mata kuliah metodologi penelitian.
        Sebelumnya memang sudah ada kesepakatan mengenai ujian semester ini, jadi semua mahasiswa KPI semester empat tidak kaget dan sudah mempersiapkan materi yang nantinya akan dipresentasikan.
Berakhirnya ujian tengah semester ini ditandai dengan rasa senang dan tenang oleh belasan mahasiswa jurusan komunikasi dan penyiaran islam semester empat. Meski bukan berarti tidak akan ada tugas lain di kemudian hari, namun setidaknya mereka telah melewati istilah “ujian” mata kuliah.


#featureberita
#ilmujurnalistik
#komunikasipenyiaranislam
#kpiiaibbc

0 comments:

Posting Komentar