musik

Rabu, 10 April 2019

UJIAN SEKOLAH BERBASIS ANDROID


"Ujian Berbasis Android"




Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh,
 Selamat Malam, Salam memo ..
         Kali ini kami akan menulis ulasan tentang yang kini dunia pendidikan semakin Maju. yaitu "Ujian Berbasis Andorid". Sudah tak asing lagi di telinga kita mengenai kecanggihan – kecanggian teknologi yang diserap dalam media pembelajaran di dunia pendidikan pada era Milenial sekarang. Dari mulai Persentasi menggukan Infokus, Ujian Nasional  Berbasis Komputer (UNBK) bahkan sekarang sudah ada sistem yang memproduktifkan Gadget untuk dapat digunakan dalam ujian Sekolah yaitu Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Android ( USBN BA).
            Dalam Ujian Berbasis Android ini, Aplikasi yang digunakan adalah Exambro Client yang mana dapat terkoneksi dengan server lokal yang ada di sekolah. Aplikasi tersebut dapat di unduh melalui Play Store maupun web dinas kabupaten sehingga memudahkan siswa agar dapat memilikinya dengan mudah. Dalam berbasis Android jaringan yang digunakan adalah jaringan khusus. Bukan jaringan yang biasanya kita pakai untuk berselancar internet pada umumnya, akan tetapi memakai jaringan Acces Point yang terkoneksi dengan server sekolah sehingga dalam proses ujian, siswa tidak dapat browsing dengan jaringan tersebut dan jaringan tersebut pun tidak bisa untuk mengakses apapun kecuali soal – soal yang sudah disiapkan oleh server yang terkoneksi dengan Android siswa.
            Dengan adanya sistem ujian seperti ini akan memudahkan kegiatan Ujian sekolah yang lebih simpel nan sederhana, lebih mudah dalam prosedurnya, lebih aman dalam menyimpan soal – soal yang sifatnya rahasia karena soal hanya dapat dibuka pada saat akan ujian dilaksanakan dan lebih hemat dalam pendanaan kegiatanya. Lain halnya dengan Ujian berbasis kertas, kita akan berkordinasi dalam penggandaan soalnya dari mulai wilayah kecamatan, kabupaten dan dengan biaya Foto copy yang relatif mahal dan banyaknya jumlah siswa yang ada pada sekolah masing – masing, akan mengakibatkan pembengkakan biaya dalam pelaksanaannya.
            Adanya perkembangan pemanfaatan teknologi seperti ini, siswa dapat menerima pembelajaran bahwa tidak semua penggunaan Gadget dapat menimbulkan hal-hal yang negatif saja, akan tetapi dapat bermanfaat dalam Media belajar siswa.

0 comments:

Posting Komentar